Bisnis Keuangan

3 Cara Tepat Memilih Aset Kripto untuk Para Pemula

Saat seseorang memutuskan untuk menjadi investor di market blockchain khususnya aset kripto, penting untuk melakukan riset sederhana terlebih dahulu. Tujuannya tentu adalah untuk mendapatkan informasi secara mendalam mengenai potensi aset kripto yang akan dibeli sehingga dapat meminimalisir terjadinya kerugian saat berinvestasi.

Memang, sebagai investor pemula akan banyak yang menyarankan untuk bermain aman di aset kripto seperti Bitcoin dan Ethereum terlebih dahulu karena nilai kapitalisasi pasarnya yang paling tinggi dari semua jenis koin di market. Akan tetapi, harganya yang terlalu tinggi membuat banyak investor pemula yang ingin mencoba berinvestasi dengan jenis aset kripto lainnya sebagai pilihan utama. Agar tidak salah langkah, berikut adalah beberapa tips untuk memilih aset kripto bagi para pemula, yaitu:

1. Melakukan Riset Sederhana untuk Aset yang Ingin Dibeli (Profiling)

Riset merupakan hal penting yang harus investor lakukan sebelum memutuskan untuk mengoleksi ataupun membeli aset kripto dalam sebuah platform online yang tersedia. Para investor bisa dengan mudah untuk mendapatkan berbagai nama aset kripto yang bisa dibeli melalui platform cryptocurrency exchange tertentu.

Kemudian, kamu bisa melanjutkannya dengan mencari informasi lebih dalam mengenai beberapa aset kripto yang menarik perhatianmu lewat screening profil perusahaan, nilai kapitalisasi, volume perdagangan harian, teknologi yang diusung, white paper, orang dibelakang project tersebut, dan juga daftar proyek yang sedang dikembangkan ini bisa juga kamu akses secara lengkap di aplikasi WikiBit.

Pastikan kamu juga telah mengetahui apa profil resiko yang dimiliki sehingga dapat menyesuaikannya dengan jenis aset kripto yang akan diinvestasikan.

2. Melakukan Analisis Teknikal dan Fundamental

Setelah melakukan riset sederhana yang datanya bisa coba kamu akses dengan mudah di berbagai jenis platform salah satunya adalah aplikasi WikiBit, maka investor perlu melanjutkannya dengan melakukan analisis teknikal dan juga fundamental.

Dimana analisis teknikal adalah suatu analisis yang dilakukan dengan melihat pergerakan historis harga dari beberapa waktu. Sedangkan fundamental adalah analisis yang dilakukan dengan mempertimbangkan informasi keuangan seperti nilai kapitalisasi pasar dan ketersediaan supply serta teknologi pendukung di belakang aset kripto tersebut.

Dalam aset kripto, Kapitalisasi pasar menjadi indikator yang sangat penting dalam pengambilan keputusan aset jenis apa yang akan diinvestasikan karena nilainya menunjukkan adanya ketertarikan pasar serta potensi pertumbuhan kripto tersebut di masa yang akan datang.

3. Cek Keteradaan Supply dan Volume Trading Harian

Kemudian, nilai keteradaan supply juga dapat menjadi faktor penting dalam pemilihan suatu aset kripto untuk diinvestasikan. Sebab, nilai ini memiliki hubungan yang sangat erat dengan permintaan dan penawaran. Sebagai contoh, jika nilai permintaan suatu aset kripto menjadi tinggi namun penawarannya sedikit tentu harga yang akan ditawarkan akan menjadi lebih tinggi sehingga minat pembelian terhadap aset tersebut juga akan ikut naik.

Jika permintaan besar namun penawaran nya sedikit akibat proses burn token, maka harganya pun akan semakin tinggi sehingga minat beli terhadap harga aset kripto tersebut pun naik. Hal inilah yang membuat para investor penting untuk juga memperhatikan seberapa banyak volume trading aset kripto tersebut dalam 24 jam.

Lengkapi Analisis Kriptomu dengan Aplikasi WikiBit

Salah satu cara paling utama untuk memilih aset kripto bagi para investor tentu adalah dengan melakukan riset mengenai segala informasi dan latar belakang dari perusahaan yang mengadakan koinnya.

Beberapa informasi yang bisa kamu cek adalah profil perusahaan, reputasi, teknologi yang diusung, white paper, orang dibelakang project tersebut, dan juga daftar proyek yang sedang dikembangkan untuk mengetahui apakah aset kripto tersebut dikelola oleh orang yang memang telah terbukti memiliki kapabilitas yang cukup baik supaya terhindar dari scam.

Kini, para investor bisa mendapatkan semua kebutuhan data tersebut dengan mudah hanya dalam satu aplikasi saja yaitu dengan menggunakan WikiBit. Sebab, WikiBit telah menyediakan berbagai informasi dan data terbaru mengenai aset kripto di seluruh dunia sehingga tentu dapat membantu para investor untuk memperkuat analisis dan mengambil keputusan investasi.

Aplikasi WikiBit ini sekarang juga sudah bisa kamu akses dengan mudah hanya dengan mengunduhnya di playstore ataupun apps store pada smartphone kesayanganmu. Yuk cek sekarang!

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan