Faktalogi
Beranda Bisnis Manfaat Beserta Jenis-Jenis Bisnis Ritel yang Perlu Diketahui

Manfaat Beserta Jenis-Jenis Bisnis Ritel yang Perlu Diketahui

Bisnis ritel atau retail memiliki potensi yang besar dalam meraup banyak keuntungan. Bisnis ritel sendiri merupakan aktivitas pemasaran yang mencakup semua kegiatan penjualan hingga pendistribusian langsung kepada konsumen akhir untuk digunakan secara pribadi, bukan untuk diperjualbelikan kembali.

Pengusaha yang menjalan bisnis ini disebut sebagai pengecer. Umumnya, para pengecer membeli barang kepada produsen dalam jumlah besar untuk mendapatkan harga yang lebih murah. Lalu, memproses dan menjualnya kembali ke konsumen akhir dalam jumlah yang lebih sedikit.

Jika ingin lebih tahu tentang bisnis ritel, seperti manfaat, jenis-jenis dan sebagainya, maka simak ulasan di bawah ini ya, sobat!

Manfaat Ritel

Usaha ritel memberikan beberapa manfaat bagi masyarakat, di antaranya:

  • Sebagai pemasok barang pada perputaran ekonomi. Umumnya, letak bisnis ritel tidak jauh dari lingkungan masyarakat sehingga tidak memerlukan waktu yang lama.
  • Membuat produksi menjadi besar. Karena, produksi tidak akan berjalan dengan baik apabila bisnis ritel tidak mengedarkan produk kepada para pelanggan.
  • Membantu meningkatkan standar hidup masyarakat. Ini disebabkan karena produk yang toko ritel tawarkan juga sesuai dengan permintaan masyarakat.

Jenis-Jenis Bisnis Ritel

Setelah mengetahui manfaat dari usaha ritel, kini kita akan membahas tentang jenis-jenis bisnis ritel berdasarkan beberapa hal. Berikut ulasan lengkapnya.

Berdasarkan Skala Penjualan

  • Skala Besar

Usaha ritel yang menyediakan barang yang dijual dalam jumlah besar. Contoh klasifikasinya seperti supermarket, hypermarket dan department store.

Banyak yang menyebutkan bahwa contoh dari klasifikasi di atas sebagai modern trade. Selain karena memiliki skala yang besar, melainkan juga terdapat nuansa modern dari lokasi dan layanannya.

  • Skala Kecil

Usaha ritel berskala kecil merupakan pengecer yang menjual barang dalam jumlah satuan yang lebih kecil. Jika yang skala besar disebut modern trade, ritel berskala kecil ini biasa disebut general trade atau tradisional ritel.

Hal ini disebabkan oleh usaha yang dilakukan secara konvensional oleh perorangan. Contohnya adalah kios, butik dan toko keci.

Berdasarkan Kepemilikan

  • Ritel Mandiri¬†

Pada jenis ini, yang memiliki bisnis ritel adalah perorangan atau individu. Umumnya, usaha berskala kecil dan dikerjakan secara mandiri oleh si pemilik.

Seiring dengan usaha yang semakin berkembang, barulah pemilik usaha menambah jumlah karyawan, menambah modal usaha serta menggunakan sistem dan manajemen yang lebih baik.

  • Franchise atau Waralaba

Waralaba adalah jenis bisnis ritel dengan membeli atau menyewa hak untuk menggunakan konsep hingga produk dari brand tertentu.

Dengan model bisnis seperti ini, kita yang memperoleh hak tersebut bisa menjual produk yang sudah dikenal di masyarakat. Sehingga, tidak perlu melakukan kegiatan promosi dari awal.

  • Corporate Chain

Kepemilikan dari jenis ritel corporate chain ini merupakan gabungan dari beberapa individu pemegang saham dari perusahaan. Jenis ritel satu ini dilakukan oleh korporasi dan umumnya memiliki skala yang besar.

Berdasarkan Teknik Pemasaran

  • Ritel Offline

Sesuai namanya, proses transaksi pada jenis ritel offline bisa dilakukan tanpa jaringan internet. Berarti, harus ada konsumen di dalam toko untuk proses pembelian.

Biasanya pemilik jenis ritel ini menggunakan strategi pemasaran in-store promotion, seperti pasa banner, spanduk atau properti fisik untuk menarik konsumen bertransaksi di toko.

  • Ritel Online

Teknologi yang berkembang pesat juga mempengaruhi cara melakukan pemasaran. Salah satunya jenis ritel online, yang mana tidak menggunakan toko fisik untuk pemasarannya.

Melainkan, melalui media digital seperti membuat akun toko di berbagai marketplace, berjualan di media sosial bahkan mempunyai website toko online pribadi.

Itulah ulasan mengenai manfaat dan juga jenis-jenis usaha ritel yang perlu kita ketahui. Untuk menunjang perkembangan bisnis kita, aplikasi kasir toko dari Moka hadir sebagai solusi.

Aplikasi tersebut akan meringankan beban kita sebagai pengusaha serta melakukan pengelolaan toko dengan lebih mudah. Untuk informasi selengkapnya, bisa dilihat di mokapos.com. Semoga bermanfaat!

Komentar
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Iklan