Gangguan Neurologi yang Sering Dialami
Kesehatan

Mengulas Berbagai Gangguan Neurologi yang Sering Dialami

Bagi mahasiswa fakultas kedokteran, istilah neuorologi bukanlah suatu hal yang asing di telinga. Neurologi sendiri merupakan cabang ilmu di bidang kedokteran yang fokus pada sistem saraf dan otak.

Dalam hal ini, dokter spesialis menangani penyakit dan mengobati gangguan terkait otak dan saraf sesuai dengan ppk neurologi. Panduan Praktis Klinis atau PPK neurologi merupakan pedoman untuk para dokter spesialis agar mendapatkan keseragaman hasil perawatan yang aman dan efektif.

Lalu, apa saja gangguan neurologis yang sering terjadi pada bagian otak dan sistem saraf? Sobat Faktalogi bisa menemukan jawabannya dalam pembahasan berikut ini.

Sklerosis Multiple

Penyakit ini merupakan masalah kesehatan yang terjadi karena genetik, lingkungan, atau virus. Biasanya, gejala yang menandai sklerosis multiple adalah mati rasa atau lemah pada beberapa anggota tubuh.

Penyakit ini perlu mendapat penanganan yang cepat agar perkembangan dari penyakit bisa tercegah. Apabila Anda biarkan, sklerosis multiple bisa menyerang saluran kemih, otot, dan menyebabkan gangguan berpikir. Penyakit menyerang bagian korda spinalis dan otak penderitanya.

Alzheimer

Gangguan ini cukup sering terjadi pada pasien yang sudah lanjut usia dan umumnya memiliki tanda berupa adanya kehilangan memori dalam otak. Akan tetapi, penyakit ini sebenarnya tidak hanya menyerang pasien lanjut usia, namun anak muda pun sangat mungkin untuk menderita alzheimer.

Pasien yang mengalami alzheimer akan kehilangan ingatan jangka pendeknya, disorientasi, kesulitan berbicara, susah melakukan aktivitas sehari-hari, kesulitan mengingat kata, dan emosinya ikut terganggu.

Apabila telah mencapai tahap yang semakin parah, pasien bisa paranoid dan berhalusinasi. Sebenarnya, ada beberapa pengobatan yang tersedia untuk memperbaiki dan memperlambat gejala penyakit ini untuk sementara waktu.

Demikianlah beberapa penyakit neurologis yang sering terjadi dan harus mendapat penanganan dengan segera. Apabila Anda tertarik untuk memperdalam ilmu kedokteran, Anda bisa mengunjungi Medimedi Education.

Platform tersebut menyediakan ilmu kesehatan dasar sampai klinis dari berbagai bidang seperti pembahasan lengkap terkait cavum nasi. MediMedi berkomitmen untuk menyajikan materi yang bisa diakses oleh mahasiswa maupun profesional tanpa batasan waktu.

Dengan harga seminimal mungkin, Anda sudah bisa mendapat materi pembelajaran secara online dari MediMedi sehingga Anda bisa belajar lebih giat dan serius. Semua materi yang tersedia merupakan hasil karya dari para ahli di bidangnya.

Tidak hanya menambah ilmu, Anda juga akan mendapatkan sertifikat yang bisa ditambakan dalam portofolio atau CV Anda. Sertifikat digital bisa Anda peroleh setiap selesai mengikuti kelas atau seminar dari MediMedi.

Yuk, perdalam ilmu kesehatan Sobat Faktalogi dengan mengakses medimedi.education sekarang juga! Semoga bermanfaat.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan