memilih tempat bersalin
Kesehatan TipsTorial

Tips Memilih Tempat Bersalin yang Baik, Ibu Hamil Wajib Tahu!

Bagi para ibu hamil yang tengah mendekati HPL (Hari Perkiraan Lahir), tidak hanya memilih dokter kandungan atau bidan yang tepat untuk menangani proses persalinan nantinya. Bunda juga harus memilih atau menentukan tempat bersalin yang tepat.

Biasanya, kebanyakan wanita hamil memilih tempat melahirkan menyesuaikan dengan tempat praktik dokter kandungan yang menangani mereka. Hal ini sangat baik, mengingat antara dokter kandungan dan rumah sakit telah menjalin kerja sama sehingga lebih mudah.

Namun, apabila Bunda ingin melahirkan di tempat bersalin lainnya, Bunda juga harus memperhatikan siapa saja dokter kandungan yang membuka praktik di rumah sakit yang ingin dituju. Alangkah baiknya, Bunda menentukan tempat bersalin jauh-jauh hari sebelum masa-masa persalinan.

Nah, berikut ini merupakan tips-tips dan tutorial cara menentukan rumah sakit bersalin yang bisa Bunda jadikan panduan. Simak baik-baik, ya!

Jarak Tempuh dari Rumah

HPL hanyalah sebuah perkiraan, terkadang persalinan bisa datang tanpa terduga. Jadi, Bunda perlu memastikan untuk mencari atau memilih tempat melahirkan yang jarak tempuhnya dekat dari tempat tinggal serta memiliki kemudahan akses transportasi menuju ke sana.

Apalagi kalau Bunda tinggal di perkotaan, perhatikan lagi masalah kemacetan yang sering terjadi agar proses perjalanan menuju rumah sakit tetap aman dan lancar.

Fasilitas

Penting sekali untuk memperhatikan kelengkapan fasilitas dari tempat bersalin. Bunda bisa mengunjungi rumah sakit pilihan Bunda untuk melihat-lihat. Apakah ada ruang operasi yang baik, fasilitas NICU (Neonatal Intensive Care Unit) karena NICU ini sangat penting untuk menangani masalah gawat darurat yang terjadi pada bayi sehingga dapat segera tertolong.

Selain itu, tentu tempat bersalin pilihan Bunda harus mempunyai fasilitas inkubator bayi. Fasilitas penting lainnya adalah ruang IMD (Inisiasi Menyusui Dini) dengan dilengkapi fasilitas konsultasi laktasi. Karena, ruangan tersebut penting untuk kebutuhan menyusui bayi baru lahir nantinya.

Kredibilitas

Ini juga sangat perlu Bunda perhatikan. Pilih tempat bersalin atau rumah sakit yang sudah memiliki kredibilitas dan reputasi yang baik. Bunda bisa bertanya-tanya pada teman atau kerabat yang pernah melahirkan di tempat yang sama.

Sanitasi

Saat melahirkan, kondisi Bunda harus nyaman agar pikiran Bunda tetap terjaga ketika menghadapi persalinan. Maka dari itu, perhatikan kebersihan dan kenyamanan tempat bersalin yang Bunda pilih. Termasuk suami dan keluarga yang juga harus menjaga kebersihan ruangan.

Tenaga Medis

Pertimbangan penting dalam memilih tempat melahirkan selanjutnya adalah tenaga medisnya. Terutama dokter karena dialah yang membantu Bunda mulai dari pemeriksaan setiap bulan hingga nanti saat proses persalinan. Ciri-ciri dokter yang baik adalah ramah, mudah dihubungi, caranya memberikan konsultasi mudah dipahami, dan sebagainya.

Selain itu, Bunda juga perlu memperhatikan sistem administrasi tempat bersalin. Pastikan kalau pihak tempat bersalin sangat teliti dan tidak lambat saat mengurusnya, agar Bunda jadi tidak buang-buang waktu.

Oh iya, Bunda harus memilih tempat bersalin yang sesuai dengan budget atau biaya persalinan, supaya tidak terjadi masalah dalam hal keuangan, dan Bunda bisa mendapatkan pertolongan terbaik saat persalinan.

Pro-ASI Eksklusif

Maksudnya, perawat yang bertugas di tempat bersalin pilihan Bunda, tidak akan memberikan susu formula tanpa persetujuan langsung dari Bunda. Bagaimana pun juga, ASI adalah makanan pokok dan terbaik bagi bayi yang baru saja lahir.

Tempat bersalin atau rumah sakit yang ideal adalah rumah sakit yang memberikan saran kepada Bunda untuk menyusui bayi dengan ASI eksklusif.

Demikian beberapa tutorial, tips dan kriteria memilih tempat melahirkan yang bisa Bunda terapkan ketika mulai mendekati HPL nantinya. Semoga bermanfaat, ya!

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan