cara menghitung masa ovulasi wanita
Review TipsTorial

Wajib Tahu! Begini Cara Menghitung Masa Ovulasi Wanita

Masa ovulasi adalah saat sel telur matang dilepaskan dari ovarium (indung telur) dan siap untuk dibuahi oleh sperma. Kondisi ini biasanya terjadi sekitar pertengahan siklus haid, yaitu sekitar 14 hari sebelum menstruasi berikutnya dimulai.

Menghitung masa ovulasi dapat membantu pasangan yang ingin memiliki anak dengan mengetahui kapan saat yang tepat untuk berhubungan seksual demi kesuburan.

Di samping itu, untuk wanita yang ingin mencegah kehamilan, memahami siklus ovulasi juga membantu dalam mengidentifikasi periode yang paling berisiko untuk berhubungan intim.

Langkah-langkah Menghitung Masa Ovulasi

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk menghitung masa ovulasi yang perlu Anda ketahui. Di antaranya:

Catat Awal dan Akhir Haid

Mulailah dengan mencatat tanggal awal dan akhir menstruasi Anda dalam beberapa bulan terakhir. Ini membantu menentukan durasi siklus haid Anda.

Hitung Durasi Siklus

Hitung berapa hari dari hari pertama haid sampai hari sebelum haid berikutnya dimulai. Rata-rata siklus haid adalah sekitar 28 hari, tetapi bisa berbeda-beda untuk setiap wanita, berkisar antara 21 hingga 35 hari.

Temukan Tengah Siklus

Temukan tengah siklus haid Anda. Misalnya, jika siklus Anda 28 hari, maka hari ovulasi kemungkinan akan terjadi sekitar hari ke-14.

Perhatikan Gejala Fisik

Anda juga bisa memperhatikan gejala fisik untuk mengetahui masa ovulasi. Selama masa ovulasi, beberapa wanita mengalami gejala seperti peningkatan lendir serviks, rasa sakit perut bagian bawah, atau sedikit perdarahan.

Gunakan Aplikasi atau Kalkulator Ovulasi

Ada banyak aplikasi atau kalkulator ovulasi online yang dapat membantu memprediksi masa ovulasi berdasarkan siklus haid Anda.

Salah satu contohnya adalah aplikasi Kalender Haid Saya. Kalender Haid Saya buatan Hello Doc ini akan membantu Anda dalam memantau perkembangan haid dan masa subur atau ovulasi.

Dengan kalender haid Muslimah ini, Anda dapat memasukkan catatan haid secara teratur, sehingga Anda bisa memperkirakan jadwal haid maupun masa ovulasi secara akurat. Aplikasi Kalender Haid Saya memiliki interface atau antarmuka yang menarik dan mudah digunakan.

Anda bisa meletakkan aplikasi ini sebagai widget di smartphone agar tidak perlu membuka aplikasinya untuk mencari tahu kurang berapa hari lagi Anda mendapatkan menstruasi pertama di bulan ini, misalnya.

Grafik masa suburnya pun digambarkan dengan jelas, sehingga Anda bisa memahaminya dengan mudah. Meski begitu, ada baiknya Anda juga berkonsultasi dengan dokter jika ingin memperoleh informasi lebih detail tentang siklus haid dan ovulasi Anda.

Jika Anda ingin memiliki aplikasi Kalender Haid Saya di smartphone, langsung saja masuk ke Google Play Store atau App Store. Tulis ‘Kalender Haid Saya’ di kolom pencarian aplikasi. Ingat ya, nama developernya adalah Hello Doc.

Jika sudah ketemu, klik install atau pasang. Tunggu beberapa saat, dan aplikasi Kalender Haid Saya siap digunakan untuk memberikan notifikasi jadwal haid hingga masa ovulasi Anda secara akurat. Semoga bermanfaat!

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan