5 Cara Melatih Fokus Anak, Mudah dan Cepat
Review TipsTorial

5 Cara Melatih Fokus Anak, Mudah dan Cepat!

Mengetahui cara melatih fokus anak yang mudah dan cepat adalah hal yang sangat penting bagi orang tua. Tidak hanya orang tua, sekolah pun punya peran penting dalam melatih fokus anak. HighScope Indonesia melalui International School in Medan menyediakan metode pembelajaran yang dapat melatih fokus pada anak.

International School in Medan adalah salah satu sekolah dari HighScope Indonesia. HighScope juga mendirikan beberapa sekolah di kota lain seperti Bekasi, Jakarta, dan Palembang. Untuk mewujudkan mimpi tersebut, langkah yang HighScope lakukan adalah melatih fokus pada anak untuk mendukung proses belajar.

5 Cara Melatih Fokus Anak

Rumah adalah tempat pertama untuk melatih fokus pada anak. Berikut adalah lima cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kualitas fokus anak dengan mudah dan cepat, antara lain:

1. Makan Makanan Bergizi

Makanan ternyata memiliki pengaruh terhadap kualitas fokus pada anak. Maka dari itu, sediakan makanan bergizi seimbang dan tinggi omega-3 untuk meningkatkan fokus dan kesehatan otak anak. Misalnya seperti telur dan ikan salmon.

Selain itu, batasi anak untuk mengonsumsi gula, garam, dan lemak berlebih yang biasa ditemukan di junk food dan makanan olahan.

2. Memahami Gaya Belajar Anak

Setiap anak memiliki gaya belajar yang berbeda-beda, sehingga Anda perlu memahami gaya belajar anak agar si buah hati mampu belajar dengan efektif dan lebih mudah untuk fokus.

Ada beberapa gaya belajar anak seperti auditori (mendengarkan), visual (gambar, bagan, video, dan lain sebagainya), serta kinestetik (merasakan dengan indra peraba atau learning by doing).

3. Batasi Screen Time

Membatasi screen time pada anak adalah salah satu cara melatih fokus anak. Sebaiknya, durasi maksimal bagi anak untuk screen time adalah 2 jam dalam sehari.

Kurangi paparan sosial media pada anak dan alihkan ke aktivitas yang mengasah kemampuan fokus dan otaknya.

4. Terapkan Deadline

Anak cenderung untuk sulit fokus dan menunda jika melakukan pekerjaan yang tidak memiliki deadline atau tenggat waktu.

Salah satu cara melatih fokus anak yang bisa Anda lakukan yaitu memberikannya deadline ketika anak mengerjakan tugasnya. Berikan tenggat waktu yang sesuai dengan kuantitas dan tingkat kesulitan tugasnya.

5. Bangun Kebiasaan Olahraga

Cara melatih fokus anak yang bisa Anda lakukan yaitu dengan membangun kebiasaan olahraga pada anak. Ajak anak olahraga dan bergerak aktif secara rutin.

Beberapa olahraga yang bisa Anda lakukan bersama anak yaitu berenang, jogging, bulutangkis, dan lain sebagainya.

Sudah Paham Cara Melatih Fokus pada Anak?

Melatih fokus pada anak sangat penting agar Anak mampu menjalankan aktivitas sehari-hari dengan lebih efektif. Anda bisa melatih fokus anak di rumah dan juga dengan bantuan pihak sekolah.

Ada beberapa cara melatih fokus anak yang bisa Anda coba di rumah. Selain itu, pastikan anak memperoleh akses sekolah terbaik agar anak bisa berkembang dengan optimal.

 

References

https://pediasure.co.id/article/cara-melatih-fokus-anak

https://www.sehataqua.co.id/cara-melatih-fokus-anak/

https://www.nutriclub.co.id/artikel/pola-asuh-anak/3-tahun-atas/cara-melatih-fokus-anak

https://hellosehat.com/parenting/anak-6-sampai-9-tahun/perkembangan-anak/cara-meningkatkan-konsentrasi-anak/

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan